-->
Home » » Sejarah Singkat Kerapan Sapi Madura

Sejarah Singkat Kerapan Sapi Madura

Bagi masyarakat Madura , karapan sapi bukan sebuah pesta rakyat yang perayaan yang diadakan setiap tahun . Karapan sapi bukan hanya sebuah tradisi yang dilakukan turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya . Karapan sapi adalah sebuah prestise yang akan mengangkat martabat dari kebanggaan di masyarakat . Sejarah asal-usul bull racing tidak ada yang tahu persis , namun berdasarkan sumber lisan yang diwariskan dari generasi ke generasi diketahui bahwa bull balap pertama kali dipopulerkan oleh Pangeran Katandur dari Sapudi Pulau , Sumenep pada abad ke-13 .

 Setelah panen datang sebagai ungkapan sukacita panen yang melimpah Pangeran Ketandur memiliki inisiatif mengajak warga dari desa untuk mengadakan perlombaan sapi . Luas lahan yang telah dipanen padi areal yang digunakan untuk balapan sapi . Akhirnya tradisi balapan sapi Pangeran Ketandur Ide sampai sekarang yang terus berkembang dan dilestarikan . Hanya lebih populer namanya diubah untuk " balap banteng " .

Sebelum kerapan dimulai semua sapi - sering diarak . ke lapangan Kesempatan ini juga digunakan untuk mengendurkan otot-otot sapi , juga sebuah arena untuk memamerkan keindahan pakaian dan hiasan dari sapi yang akan diperebutkan . Setelah parade selesai , pakaian dan segala fasilitasnya dibuka . Hanya pakaian yang tidak mengganggu sapi gerakan yang masih tersisa melekat . Setelah itu , mulai yang lomba pertama untuk menentukan kejuaraan peserta. Seperti dalam permainan sepak bola, di babak ini , para peserta akan mengatur strategi untuk menempatkan sapi ke " atas "untuk para babak berikutnya ( eliminasi), dapat bersaing dengan sapi ras dari yang " rendah ". Selanjutnya tahap adalah pertama , kedua , ketiga dan keempat dan babak final . Dalam babak penyisihan , permainan memakai sistem gugur . Dengan kata lain, sapi yang telah dinyatakan hilang ras , tidak lagi memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam berikutnya putaran pertandingan . Sementara itu , para sapi yang ras dinyatakan sebagai pemenang , akan berhadapan lagi dengan pemenang dari pertandingan lainnya . Dan seterusnya ke dalam pemain terakhir yang selalu menang dan menjadi juara .

2 comment:

  1. Kalau belum pernah lihat, harus datang dan lihat secara langsung ke Madura nih...

    BalasHapus
  2. nice post,

    silahkan kunjungi balik untuk merasakan serunya balapan sapi ala sumatera barat.

    thanks.

    BalasHapus

Back To Top