-->
Home » » Tempat Wisata Bangkalan

Tempat Wisata Bangkalan

Bangkalan merupakan salahsatu dari sekian banyaknya kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Bangkalan terletak di ujung paling barat Pulau Madura yakni tepatnya disebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa dan disebelah timurnya berbatasan dengan Kabupaten Sampang dan diselatan berbatasan dengan Selat Madura .

Jika anda sedang mencari lokasi seputar tempat wisata yang ada di bangkalan,dibawah ini adalah beberapa tempat wisata Bangkalan yang mungkin bisa anda jadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga.

Pantai Rongkang 

Pantai Rongkang Bangkalan ini merupakian sebuah objek wisata berupa pantai yang terletak di Kwanyar, 10 km dari Dari jembatan Suramadu ke arah Timur menuju Kwanyar. Terdapat bukit berundak bertinggian 20 – 25 mdpl, dengan lampu-lampu kapal pada malam hari.

Pantai Sambilangan 

Pantai Sambilangan ini merupakan sebuah objek wisata berupa pantai dengan hamparan pasir putih yang terletak di Desa Sambilangan, sekitar 7 km dari Kota Bangkalan. Di tempat inilah terdapat Mercusuar yang dibuat pada jaman Belanda itu.

Pantai Siring Kemuning 

Pantai Siring Kemuning ini merupakan sebuah objek wisata bertajuk pantai yang tidak kalah indahnya jika dibanddingkan dengan objek wisata pantai yang ada dikota Bangkalan.Yang mana pantai ini terletak di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, dengan pasir putih, tempat bermain anak-anak, sekitar 45 Km arah Utara Kota Bangkalan.

Kuburan Aermata (Air Mata)

Wisata bersejarah Kuburan Aermata (Air Mata) ini terletak di Desa Buduran, Arosbaya, 11 km utara Kota Bangkalan, yang merupakan makam Raja-Raja Madura. Makam ini bertingkat-tingkat seperti kebanyakan kompleks makam raja-raja.

Museum Cakraningrat
Wisata sejarah Museum Cakraningrat ini lokasinya berada di Jl. Soekarno Hatta, sekitar 1.5 km dari pusat Kota Bangkalan, yang menyimpan benda-benda pusaka dan budaya peninggalan Kerajaan Madura Barat.

Batik Tanjung Bumi Bangkalan
Objek wisata Batik Tanjung Bumi Bangkalan ini terletak di Tanjung Bumi yang merupakan sentra batik, letaknya 50 km sebelah utara Bangkalan, dengan motif batik tulis pesisir yang menggunakan warna-warna tajam berani.

Makam Sultan Abdul Kadirun
Wisata sejarah Makam Sultan Abdul Kadirun ini letaknya berada di Jl. Sultan Abdul Kadirun, di belakang Masjid Agung Kota Bangkalan. Raden Abdul Kadirun adalah Sultan Bangkalan II, menggantikan Panembahan Adipati Tjakraningrat I.

Makam Muhammad Syaikhona Kholil
Wisata sejarah Makam Muhammad Syaikhona Kholil adalah sebuah makam seorang ulama besar Madura, salah satu guru dari KH. Hasyim Asy’ari, pendiri NU. Ia juga mewariskan perahu yang kabarnya masih dirawat dengan baik.

Mercusuar
Objek wisata Mercusuar ini terletak di Ujung Piring, Kecamatan Socah, sekitar 7 km dari Bangkalan, tinggi 78 m, diresmikan Z.W Williem II pada 1879, untuk memandu kapal yang masuk ke Tanjung Perak.

Bukit Geger
Objek wisata Bukit Geger ini terletak di Desa Geger, Geger, 30 Km dari Bangkalan. Ada patung kuno, hutan Akasia, Mahogani, Jati, Lembah Palenggiyan, Situs Pelanggiran, Goa Petapan, Goa Potre, dan lain lain.

3 comment:

  1. Lengkap tempat wisatanya.. makasi ya udah bantu promosi tempat pariwisata di madura.. ;)

    BalasHapus
  2. Sip.. Mator seklangkong informasinya..
    ane tunggu di madura :D

    www.penginapanonline.com

    BalasHapus

Back To Top