-->
Home » » Objek Wisata Wonogiri

Objek Wisata Wonogiri

Berbica tentang wisata memang tiada habisnya.Hampir semua kota di Indonesia menpunyai tempat-tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri termasuk kota Wonogiri yang ada di Jawa Tengah ini.

Ada banyak tempat tempat wisata di Wonogiri yang sayang jika tidak dikunjungi ketika anda singgah di kota ini.Nah bagi yang berasal dari Kota Wonogiri dan sekarang lagi berada di luar kota,sebentar lagi kan lebaran tuh,saya rasa anda begitu merindukan kampung halaman bukan?,, Nah mumpung ada waktu berlibur yang cukup panjang,Segera kunjungi tempat berlibur ditanah kelahiran anda itu sebelum kesibukan menghampiri anda kembali.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata di Wonogiri yang mungkin belum diketahui oleh orang selain orang Wonogiri.

Wisata Pantai Sembukan 

Tempat Berlibur Pantai Sembukan ini terletak di Kecamatan Paranggupito, 60 Km dari Kota Wonogiri, dengan batu karang terjal, dan perbukitan kars. Konon merupakan pintu gerbang ke-13 kerajaan Ratu Kidul.

Wisata Pantai Nampu 

Tempat Berlibur Pantai Nampu ini terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, 60 Km dari Kota Wonogiri, dengan pasir putih dan ombak yg cukup besar.

Wisata Museum Karst Dunia

Tempat Berlibur Museum Karst Dunia ini terletak di Desa Gebangharjo, Pracimantoro, 38 km dari Kota Wonogiri, dikelilingi Gua Gilap, Gua Mrica, Gua Potro Bunder, Gua Sodong, Gua Sonya Ruri, Gua Tembus, dan Luweng Sapen.

Wisata Cagar Alam Danalaya

Tempat Berlibur di Kecamatan Slogohimo, berupa hutan jati, yg kayunya khusus diperuntukkan untuk membangun istana raja Surakarta.

Wisata Air Terjun Kahygan
Wisata Air Terjun Kahygan ini terletak di dusun Dlepih, Desa Taman, Kecamatan Tirtomoyo, ada pula puncak Kahygan yg konon merupakan tempat di mana Sutowijoyo menemuai Kanjeng Ratu Kidul.


Wisata Situs Kahygan
Tempat Berlibur Situs Kahygan ini terletak di dusun Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, 47 km dari Kota Wonogiri, terdapat gua di atas kedung, konon tempat bersemedinya Danang Sutowijoyo, atau Panembahan Senopati.

Wisata Gantole
Tempat Berlibur Cagar Alam Danalaya ini terletak di sebuah bukit di Desa Sendang yg menjadi tempat peluncuran gantole dan paralayg, dengan ketinggian 200 m dan 400 m; tempat pendaratan bisa jelas terlihat.

Wisata Girimanik
Tempat Berlibur Cagar Alam Danalaya ini terletak di Desa Setren, Slogohimo, 40 km dari Kota Wonogiri, dengan air terjun Manik Moyo (70m), Tinjo Moyo (30m), dan Condromoyo. Ada petilasan Raden Mas Said bernama Batu Resi.

Wisata Gua Ngantap
Tempat Berlibur Gua Ngantap ini terletak di Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, dengan ornamen stalagtit dan stalagmit di dalam gua.

Wisata Gua Putri Kencana
Tempat Berlibur Gua Putri Kencana ini terletak di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, 40 Km dari Kota Wonogiri, dengan hiasan stalagtit dan stalagmit pada dinding gua.

Wisata Museum Wayg Indonesia
Tempat Berlibur Museum Wayg Indonesia ini terletak di Padepokan Bei Tani, di Kecamatan Wuryantoro, 15 km dari Kota Wonogiri, dengan koleksi berbagai jenis wayg kulit, wayg suket, wayg golek, topeng, dan lain lain.

Wisata Sendang Siwani
Wisata Sendang Siwani ini terletak di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, 6 km dari Kota Wonogiri, merupakan petilasan KGPAA Mangkunegoro I dalam perang gerilya melawan Belanda.

Wisata Watu Plinteng Semar
Tempat Berlibur Watu Plinteng Semar ini terletak di kawasan Taman Selopadi, Desa Giripurwo, Kec Wonogiri, 200m dari pusat Kota Wonogiri, dengan berat batu 25 ton, bersandar pada Pohon Asem Jawa yg sangat besar.

Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur
Tempat Berlibur Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur ini terletak di Desa Sendang, Kec. Wonogiri, ditepi Waduk Gajah Mungkur, 7 km dari Kota Wonogiri, dengan taman satwa langka, kolam renang, kereta kelinci, wisata air dan lain-lain.

0 comment:

Posting Komentar

Back To Top