Wayang golek jawa barat.
ASAL MULA
Asal mula wayang golek tidak diketahui secara lengkap, dan jelas. Tapi
sebenarnya wayang golek merupakan pengembangan dari wayang kulit. Salmun
(1986) menyebutkan bahwa pada tahun 1853 M sunan kudus membuat wayang
yang berbahan dari kayu, dan diberi nama wayang golek, dan dapat
dimainkan atau dipentaskan pada waktu siang hari. Selain itu Ismunandar
(1988) mengatakan pada awal abad ke-16, sunan kudus membuat bangun
wayang purwo sebanyak 70 buah dengan cerita menak yang diiringi oleh
gamelan salendro, bentuknya menyerupai boneka, tidak memerlukan klir,
berbahan kayu oleh karna itu dinamakan wayang golek.
Awalnya yang diceritakan dalam cerita wayang golek adalah cerita panji,
dan wayangnya disebut wayang golek menak. Konon wayang golek ini ada
sejak masa panembahan ratu (cicit sunan gunung jati (1540-1650))
didaerah cirebon. Pada masa itu disebut wayang papak atau cepak, karena
bentuknya datar. Pada masa pangeran grilaya (1650-1662) wayang papak
dilengkapi dengan cerita yang diambil dari babad, dan sejarah tanah
jawa. Lakon pada waktu itu bernuansa atau berkisar pada penyebaran agama islam, dengan lakon cerita ramayana, dan mahabrata (wayang golek purwa) yang lahir pada tahun 1840 (Somantri 1988).
Kelahiran wayang golek diprakarsai oleh dalem karang anyar (Wiranata
kusumah III) pada masa akhir jabatanya. Pada masa itu beliaw memerintah
kiDarman (penyungging wayang kulit, dari tegal) yang tinggal dicibiru,
ujung berung, untuk membuat wayang dari kayu, tetapi berbentuk gepeng
menyerupai wayang kulit. Tetapi atas anjuran dalem itu sendiri wayang
yang berbentuk gepeng itu dbuat berbentuk bulat, seperti wayang-wayang
sekarang kebanyakan. Perkenalan wayang golek dipriangan, dikenal pada
abad -19 sejak dibukanya jalan raya Daendels. Mulanya pementasan
wayang golek dibawakan dengan bahasa jawa, namun setelah orang sunda
pandai mendalang, dirubah menjadi ke bahasa sunda.
wayang golek purwa.
wayang golek modern
Wayang golek merupakan salah satu kebudayaan asli indonesia, yang
berasal dari jawa barat, dan sampai saat ini masih bertahan dikalangan
masyarakat. Namun walaupun wayang golek ini merupakan ciri khas suku
sunda, tetapi tidak banyak orang yang tau asal usul wayang golek itu
sendiri. sebab sudah terkonstaminasi oleh kebudayaan-kebudayaan asing,
yang mungkin lebih dminati oleh masyarakat indonesia pada umumnya.
Kendati demikian, dalam beberapa tahun terakhir ini, kesenian wayang
golek ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Karena kesenian wayang
golek ini oleh sebagian orang yang masih peduli akan kebudayaan asli,
yang diwariskan oleh nenek moyang, dimodernisasikan, serta diberi
sentuhan-sentuhan yang tidak membuat masyarakat bosan. Contohny sebuah
paguyuban wayang golek yang berasal dari Bandung yaitu paguyuban wayang
golek GIRIHARJA dengan dalangnya yang sudah dikenal, yaitu Kidalang Asep Sunandar Sunarya putra dari dalang senior Kidalang abah Sunarya.
Ki dalang Asep Sunandar S mampu membuat masyarakat kembali mencintai
kesenian wayang golek, dengan permainan yang sudah dimodernisasikan,
seperti muntah, dan makan mie, serta teknik-teknik lainya, dan
dikalaborasikan dengan bodoran-bodoran yang membuat yang menontonya
tidak merasa bosan.
Sebelum ki dalang Aep Sunandar Sunarya, masih banyak lagi dalang-dalang
kondang yang sudah memodernisasikan, seperti kaka dari kidalang Asep
Sunandar S yaitu Kidalang Ade kosasih sunarya, terdahulu dan masih banyak dalang lainya.
Dari inspirasi, dan inovasi serta kerja keras dalang-dalang itu,
akhirnya seni wayang golek banyak diminati bukan hanya di kalangan
masyarakat indonesia saja, namun sudah memancanegara seperti amerika, inggris, prancis dan banyak negara-negara lainya.
tidak sedikit juga peminat-peminat dari kalangan muda yang muncul ikut
melestarikan kebudayaan wayang golek, contohnya putu girharja yaitu Kidalang Dadan sunandar Sunarya, Kidalang adhi kontea kosasih sunarya,
dan masih banyak lainya, mereka ikut melestarikan budaya seni wayang
golek, dengan inovasi-inovasi mereka yang lebih modern. Sampai ada yang
dikalaborasikan dengan sentuhan-sentuhan luar, contohnya sudah kita
ketahui alat-alat yang digunakan untuk mengiringi wayang golek adalah
alat musik tradisional, seperti kendang, goong, bonang dll. namu oleh
sebagian dalang-dalang masa kini ditambah alat-alat musik modrn seperti
gitar, drum dll, untuk mengiringi dalam pementasan wayang golek.
PEMBUATAN WAYANG GOLEK
Wayang golek terbuat dari albasiah atau lame. cara pembuatanya dengan cara meraut dan mengukirnya, sehingga menyerupai bentuk yang diinginkan. Untuk mewarnai dan menggambar mata, alis, bibir, dan motif dikepala wayang, digunakan cat duko, dengan cat ini wayang menjadi lebih cerah. Pewarnaan wayang sangat penting, karena dapat menghasilkan berbagai karakter tokoh. Adapun warna dasar yang digunakan dalam wayang ada 4: Merah, Putih, Prada, dan Hitam.
Adapun sebuah industri yang membuat wayang golek, yang beralamat di ds. jelekong, kec. ciparai, kab. bandung, dan diberi nama "Graha Wayang Golek Big Giriharaja" pengelola industeri ini bernama Suherman Sunanndar, Beliaw sebenarnya adalah salah satu putra dari dalang senior yaitu Kidalang Abah Sunarya, ia tidak seperti sodara-sodaranya yang justru lebih menggeluti propesi ayahny yaitu menjadi seorang dalang, namun suherman sunandar lebih menggeluti dalam pembuatan wayang golek. Namun seiring perkembangan usia yang semakin lanjut, beliaw tidak lagi berkecimbung lagi dalam industri pembuatan wayang golek, dan pada tahun 1997 beliaw telah mewariskan kepada anak mantunya yang bernama Barnas Sabunga.
Dibawah pimpinan Barnas yang semula murni untuk melestarikan kesenian wayang golek, kini dikelola secara profesional, sehingga setahap demi setahap industeri kerajinan itu dapat menghasilkan uang. Sebagian dari penghasilan yang diperoleh dari industeri itu, disisihkan barnas untuk membangun perpustakaan, dam musiem wayang golek. Selain membuat kesenian wayang golek, graha wayang golek big giriharja juga memproduksi lukisan-lukisan karya istrinya, yang juga dipajang di graha wayang golek big giriharja.
Wayang golek terbuat dari albasiah atau lame. cara pembuatanya dengan cara meraut dan mengukirnya, sehingga menyerupai bentuk yang diinginkan. Untuk mewarnai dan menggambar mata, alis, bibir, dan motif dikepala wayang, digunakan cat duko, dengan cat ini wayang menjadi lebih cerah. Pewarnaan wayang sangat penting, karena dapat menghasilkan berbagai karakter tokoh. Adapun warna dasar yang digunakan dalam wayang ada 4: Merah, Putih, Prada, dan Hitam.
Adapun sebuah industri yang membuat wayang golek, yang beralamat di ds. jelekong, kec. ciparai, kab. bandung, dan diberi nama "Graha Wayang Golek Big Giriharaja" pengelola industeri ini bernama Suherman Sunanndar, Beliaw sebenarnya adalah salah satu putra dari dalang senior yaitu Kidalang Abah Sunarya, ia tidak seperti sodara-sodaranya yang justru lebih menggeluti propesi ayahny yaitu menjadi seorang dalang, namun suherman sunandar lebih menggeluti dalam pembuatan wayang golek. Namun seiring perkembangan usia yang semakin lanjut, beliaw tidak lagi berkecimbung lagi dalam industri pembuatan wayang golek, dan pada tahun 1997 beliaw telah mewariskan kepada anak mantunya yang bernama Barnas Sabunga.
Dibawah pimpinan Barnas yang semula murni untuk melestarikan kesenian wayang golek, kini dikelola secara profesional, sehingga setahap demi setahap industeri kerajinan itu dapat menghasilkan uang. Sebagian dari penghasilan yang diperoleh dari industeri itu, disisihkan barnas untuk membangun perpustakaan, dam musiem wayang golek. Selain membuat kesenian wayang golek, graha wayang golek big giriharja juga memproduksi lukisan-lukisan karya istrinya, yang juga dipajang di graha wayang golek big giriharja.
BalasHapusingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^
BalasHapusingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya
BalasHapusagen365 menyediakan game : sbobet, ibcbet, casino, togel dll
ayo segera bergabung bersama kami di agen365*com
pin bbm :2B389877