-->
Home » » Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan

Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan


Tradisi Unik Sambut Ramadhan di Indonesia, berbagai tradisi unik biasanya dilakukan oleh Masyarakat Indonesia pada saat bulan Ramdhan, apa saja hal unik tersebut ?

Berikut beberapa Tradisi Unik Sambut Ramadhan di Indonesia :

1. Meugang
Tradisi Meugang berasal dari Aceh. Dua hari jelang puasa, mereka patungan membeli kerbau, menyembelihnya, lalu memakannya bersama-sama.
Orang yang lebih mampu secara finansial biasanya juga memberikan sumbangan agar masyarakat yang kurang mampu dapat ikut serta menikmati tradisi ini.

2. Balimau
Balimau merupakan tradisi menyambut Ramadhan yang berasal dari Sumatera Barat. Dalam bahasa Minang, 'balimau' berarti mandi disertai keramas dengan menggunakan jeruk nipis (limau).
Hal itu merupakan lambang pembersihan diri sebelum puasa dimulai. Acara Balimau ini juga dilakukan secara beramai-ramai di sungai, danau, atau kolam.

3. Ngelop
Di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, ada tradisi Ngelop. Ngelop yaitu kegiatan mandi di laut beramai-ramai dengan niat menyucikan diri sebelum melakukan puasa Ramadhan.
Ngelop biasanya dilakukan di Pantai Ketang Kalianda pada sore hari hingga maghrib, bertepatan dengan pergantian tanggal memasuki bulan Ramadhan

4. Dugderan
Di Semarang, ada tradisi Dugderan yang berbentuk festival dan pasar malam. Dugderan biasanya dilakukan satu minggu sebelum puasa. Banyak barang dijual para pedagang. Mulai dari mainan hingga pakaian. Ada pula hiburan seperti komidi putar.
Konon, dugderan berasal dari gabungan kata 'dug' dari suara bedug dan 'der' dari suara meriam. Kedua benda ini dahulu dipakai untuk menandakan datangnya bulan suci Ramadhan.

5. Makan Kue Apem
Masyarakat Surabaya lazim mengonsumsi kue apem saat bulan puasa datang. Nama apem berasal dari bahasa Arab 'Afwum' yang artinya maaf. Karena itu, secara simbolis apem diartikan meminta maaf kepada keluarga, teman, dan sanak saudara.
Acara memakan kue apem bersama-sama dilanjutkan dengan bersalam-salaman dan tahlilan.

6. Perlon Unggahan
Di Banyumas, menjelang bulan Ramadhan mereka mengadakan Perlon Unggahan, yang merupakan acara makan besar. Banyak makanan yang disajikan, namun yang pasti ada adalah nasi bungkus, serundeng sapi, dan sayur becek.
Serundeng sapi dan sayur becek harus disiapkan oleh 12 laki-laki, karena banyaknya kambing dan sapi yang disembelih.

2 comment:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
    ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

    BalasHapus

  2. ayo bergabung dengan kami di dewapk^^com dan diadd ya pin bb kami 55F97BD0

    BalasHapus

Back To Top