-->
Home » » Museum Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto

Museum Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto

Museum Tambang Batu Bara Ombilin menjadi pelengkap rentetan museum yang dihadirkan Sawahlunto sebagai  kota warisan tambang kolonial yang kini berwawasan wisata sejarah tambang. Museum ini baru saja diresmikan pada Juni 2014 dan diharapkan menjadi bagian penting tujuan wisata yang dapat disambangi di Sawahlunto.
Museum Tambang Batu Bara Ombilin menyimpan beragam koleksi dari aktivitas penambangan batubara sejak masa kolonial hingga masa kini. Ada peralatan tambang batubara, arsip, kostum penambang, kendaraan pengangkut batubara, foto lama tempo dulu, audio visual, alat kerja penambang, hingga mesin pemilah batubara.Bangunannya sendiri merupakan salah satu gedung bersejarah karena sempatmenjadi rumah peristirahatan Mantan Presiden RI Soeharto. Gedungnya sendiri telah ada sejak 1891.
Saat menyambangi Sawahlunto sempatkan berbelanja kain silungkang di Jalan Lintas Sumatera ruas Sawahlunto-Solok. Di sana berjejer butik, toko dan juga pabrik kain tenun khas silungkang. Salah satunya adalah Toko Tenun dan Songket Silungkang di Dusun Lubuk Nan Gadang Silungkang III, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto.

1 comment:


  1. ayo bergabung dengan kami di dewapk^^com dan diadd ya pin bb kami 55F97BD0

    BalasHapus

Back To Top