-->
Home » » Menjelajahi Keindahan Pegunungan Cordillera Filipina

Menjelajahi Keindahan Pegunungan Cordillera Filipina

Pegunungan Cordillera membentang di empat provinsi di utara Pulau Luzon, pulau terbesar di Kepulauan Filipina. Keempat provinsi tersebut antara lain Benguet, Mountain Province (Bontoc), Kalinga-Apayao, dan Ifugao. Cordillera memang istimewa, pegunungan di sana bukan dataran tinggi biasa yang sekedar menawarkan panorama indah. Lapis demi lapis bentang alam di sana sangat kaya dengan mineral.

Daerah pegunungan menawan ini hanya sebagai berkah karena menjadi tempat tersubur menanam segala jenis sayur-mayur dan buah-buahan bagi rakyat Filipina. Daerah pegunungan ini memasok 60 persen sayur dan buah-buahan ke seluruh penjuru Filipina. Dari wilayah ini pula sebagian besar pasokan beras untuk Filipina berasal. Karena di daerah ini pula dikenal dunia sebagai tempat terasiring tertua berusia 2000 tahun berada.

Butuh waktu dan tenaga untuk menjelajah Cordillera. Paling tidak butuh waktu 10 jam perjalanan darat dengan bus malam dari Manila hanya untuk mencapai salah satu provinsi di sana, yakni Ifugao. Transportasi darat ini pula satu-satunya angkutan yang dapat membawa banyak pengunjung ke daerah pegunungan di ketinggian mencapai 3000 hingga 6000 kaki berhawa sejuk, tempat suku-suku gunung Filipina berdiam.

Tidak ada lapangan terbang, pelabuhan, atau pun dermaga karena tidak ada sungai besar yang mengalirkan air dan mampu menghanyutkan perahu dari dan menuju provinsi tersebut. Hanya jalan menanjak dan semakin berkelok saat mendekat ke bagian tengah pegunungan. Keturunan Ifugao Ifugao adalah nama suku yang sekarang juga dijadikan nama provinsi di Filipina. Suku ini hanya salah satu suku dari tujuh suku besar yang mendiami Pegunungan Cordillera di utara Pulau Luzon.

Orang-orang gunung ini hidup sederhana di alam nan kaya di utara Luzon sebagai petani. Pariwisata yang semakin berkembang di sana pun hanya mampu membuat Banaue, kota yang lebih mirip kecamatan di Pegunungan Cordillera, "hidup" hingga pukul 20.00 waktu setempat. Selebihnya aktivitas senyap, terbatas di dalam rumah-rumah yang tertutup rapat.

2 comment:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    BalasHapus

Back To Top